Easiest Way to Prepare Appetizing Pempek Dos Isi Telur

Pempek Dos Isi Telur. Resep pempek dos (tanpa ikan) isi telur puyuh, enak bangeet. Lihat juga resep Pempek ebi telor enak lainnya. Tekstrunya lembut dan rasanya benar-benar enak meski tanpa ikan, cara penyajian resep pempek dos isi telur juga disantap bersama kuah cuko kental sebagai ciri khas dari pempek Palembang.

Pempek Dos Isi Telur Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek ekonomis ini dikenal dengan sebutan pempek dos. Bentuk pempek dos persis seperti pempek khas Palembang pada umumnya. You can cook Pempek Dos Isi Telur using 20 ingredients and 12 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Pempek Dos Isi Telur

  1. Prepare 200 gr of tepung sagu.
  2. Prepare 125 gr of tepung terigu.
  3. It's 2 butir of telur.
  4. It's 250 ml of air.
  5. It's 2 sdt of garam.
  6. You need 1,5 sdt of kaldu ayam bubuk.
  7. Prepare of Air secukupnya untuk merebus.
  8. You need of Isian:.
  9. You need 2 butir of telur (resep asli 3 butir).
  10. You need Secukupnya of garam.
  11. Prepare of Kuah Cuko:.
  12. Prepare 500 ml of air.
  13. Prepare 300 gr of gula merah.
  14. It's 100 gr of gula pasir (saya 20 gr).
  15. You need 2,5 sdm of air asam jawa (resep asli 3 sdm cuka).
  16. It's 1/2 sdm of garam.
  17. Prepare 1,5 sdm of ebi.
  18. Prepare of Bumbu halus:.
  19. Prepare 8 siung of bawang putih.
  20. You need 30 buah of cabai rawit hijau (sesuai selera).

Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta. Pempek DOS yang dibuat tanpa ikan bisa jadi pilihan. Rasanya gurih dengan paduan cuko yang nikmat bikin buka puasa makin mantap.

Pempek Dos Isi Telur instructions

  1. Campurkan air, garam dan kaldu ke dalam panci, masak hingga mendidih. Disisi lain, siapkan terigu didalam wadah besar. Setelah mendidih, tuang air ke dalam wadah terigu, aduk segera sampai rata. Diamkan sebentar sampai adonan terigu tidak terlalu panas lagi..
  2. Kocok telur di wadah terpisah kemudian tuangkan ke adonan terigu. Aduk rata..
  3. Tuang tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni hingga kalis.
  4. Kocok lepas telur dan beri secukupnya garam untuk isian..
  5. Ambil segenggam kecil adonan. Kepal2 sedikit terlebih dahulu agar adonan tidak pecah, kemudian gulung memanjang. Tusuk salah satu ujung adonan memakai jari jempol lalu bentuk lubang dan rapikan. Biar tidak lengket, jempol bisa dioles terlebih dahulu memakai tepung sagu..
  6. Isi dengan telur yg sudah disiapkan tadi. Lalu tutup dengan direkatkan bagian atasnya..
  7. Didihkan air ke dalam panci dan beri sedikit minyak goreng. Rebus pempek sampai mengapung kira2 10-15 menit. Angkat dan tiriskan..
  8. Panaskan minyak goreng (pastikan benar2 panas supaya tidak lengket). Goreng hingga terlihat renyah..
  9. Membuat kuah cuko: tuang air ke panci, masukkan gula merah dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan semua gula larut, aduk secara berkala. Matikan api..
  10. Ulek bawang putih, cabai dan ebi yg sudah dicuci bersih. Ulek semua secara terpisah. Masukkan ke bakal kuah cuko yg tadi dimasak. Masukkan juga air asam jawa dan garam..
  11. Masak hingga bumbu tanak atau tidak bau mentah lagi. Matikan api, tunggu dingin kemudian saring..
  12. Sajikan pempek bersama kuah cuko. Bisa ditambah mie kuning atau timun cincang..

Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan. Sehingga hanya mengandalkan tepung sagu atau tepung tapioka saja. Resep pempek palembang benar-benar membuat selera makan. Campurkan semua bahan, masukan telur ayam dan air secukupnya aduk memakai tangan sampai adonan bisa dibentuk sesuai selera. Pempek dos diberi nama begini, karena pada waktu menggorengnya biasa mengeluarkan letupan Dos…dos.dos. , jadi Pempek dos bahan bakunya sama dengan adonan dasar pempek biasa, tetapi TIDAK MENGGUNAKAN IKAN, jadi hanya mengandalkan tepung sagu atau kanji (Tapioka) saja.

Easiest Way to Prepare Appetizing Pempek Dos Isi Telur Easiest Way to Prepare Appetizing Pempek Dos Isi Telur Reviewed by subindo drakor gratis on Februari 06, 2020 Rating: 5

Tiada ulasan:

Dikuasakan oleh Blogger.