Recipe: Tasty Pempek Ebi Telur Cuko Pedas

Pempek Ebi Telur Cuko Pedas. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). CUKO dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Sajikan pempek bersama kuah cuko homemade dan potongan mentimun.

Pempek Ebi Telur Cuko Pedas Cara buat kuah cuko pempek palembang sedap. Cara Membuat Cuko Pempek Kental Hitam dan Enak. Cita rasa yang gurih dipadukan cuko asam manis pedas, membuat pempek kaya akan rasa. You can cook Pempek Ebi Telur Cuko Pedas using 20 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Pempek Ebi Telur Cuko Pedas

  1. Prepare 125 gr of terigu.
  2. You need 175 gr of tapioka.
  3. Prepare 50 gr of ebi kering(rendam dengan air panas).
  4. You need of bumbu halus :.
  5. It's 3 butir of bawang putih.
  6. Prepare 1 sdt of lada bubuk.
  7. You need of gula,garam dan kaldu bubuk(kira-kira sampai pas).
  8. You need 200 ml of air.
  9. Prepare of isian ----> 2butir telur rebus.
  10. You need of kuah cuko :.
  11. You need 5 butir of bawnag putih.
  12. It's 3 butir of bawang merah.
  13. Prepare 1 sdm of asam jawa.
  14. It's 150 gr of gula merah/gula jawa.
  15. You need 7 biji of cabai rawit setan.
  16. You need 4 biji of cabai keriting.
  17. It's 3 sdm of cuka makanan.
  18. You need secukupnya of garam+kaldu bubuk.
  19. It's 750 ml of air.
  20. Prepare of pelengkap(timun cacah).

Umumnya pempek Palembang berbahan dasar ikan tengiri maupun ikan gabus yang digiling. Kemudian dicampur bahan lain seperti tepung sagu ataupun tepung tapioka, telur, bumbu bawang. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Selain racikan bumbu yang tepat, anda juga bisa menambahkan ebi kering untuk memperkaya citarasanya.

Pempek Ebi Telur Cuko Pedas instructions

  1. Tumbuk halus ebi dan campurkan dengan terigu+tapioka kemudian aduk merata.
  2. Panaskan 200ml air kemudian masukkan semua bumbu halus(tambahkan kaldu bubuk+garam+gula)"saran saja garam+kaldu bubuk estimasi harus pas karena menentukan rasa pempek).
  3. Setelah itu tuang air rebusan bumbu sedikit demi sedikit dan aduk merata hingga adonan kalis..diamkan sebentar sampai tidak panas.
  4. Seetelah adonan dingin bentuk bulat,pipihkan dan isi dengan isian telur yang sudah di potong-potong kemudian lipat dan kunci pinggir-pinggirnya,lakukan terus hingga adonan habis.
  5. Kuah cuko "haluskan semua bumbu termasuk juga gula merah"...kemudian rebus air masukkan bumbu+gula merah,cuka,asam jawa+garam+kaldu bubuk...masak hingga mendidih.Setelah mendidih matikan,tungu dingin dan saring agar ampasnya tidak ikut..
  6. Goreng pempek dengan api sedang hingga mateng..sajikan dengan kuah cuko dan mentimun di cacah.

Agar kalian memiliki cuko pedas dan biasa. Terakhir tambahkan ebi kering di kedua cuko tersebut setelah ebi ditumbuk halus terlebih dahulu. Lihat juga resep Pempek ebi telor enak lainnya. Untuk membuat cuko, haluskan bawang putih, ebi, dan cabai. Masukkan telur dan aduk rata kembali.

Recipe: Tasty Pempek Ebi Telur Cuko Pedas Recipe: Tasty Pempek Ebi Telur Cuko Pedas Reviewed by subindo drakor gratis on Mei 29, 2020 Rating: 5

Tiada ulasan:

Dikuasakan oleh Blogger.